Logo

Representasi sarana berkomunikasi dalam iklan cetak Esia pada harian Kompas tanggal 14 - 16 Juni 2006

Lovely, Cindy (2008) Representasi sarana berkomunikasi dalam iklan cetak Esia pada harian Kompas tanggal 14 - 16 Juni 2006. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iklan cetak merupakan salah satu bentuk media perusahaan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak sasarannya. Di dalam sebuah iklan cetak terdapat jenjang permainan tanda dimana antara elemen tanda yang satu dengan lainnya saling mendukung. Esia, sebuah merek operator seluler di Indonesia, menampilkan iklan cetak pada harian Kompas tanggal 14 - 16 Juni 2006 dan di dalamnya terdapat representasi sarana berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan membahas representasi sarana berkomunikasi yang ditunjukkan oleh esia dalam iklan cetak tersebut. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan metode semiotika Roland Barthes dengan unit analisis sintagma dan paradigma. Dari unit analisis tersebut, didapatkan hasil: sarana berkomunikasi esia meliputi area jangkauan esia, daya pancar esia, dan tarif esia. Selain itu esia juga merepresentasikan sarana berkomunikasi di Indonesia sebagai alasan penjelas mengapa esia menyediakan sarana berkomunikasi dengan area jangkauan luas, daya pancar esia kuat, dan tarif esia terjangkau.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: representation, communicating tools, print-advertising
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 17:19
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/12941

Actions (login required)

View Item