Logo

Efek orientasi fiber terhadap penetrasi ion klorida pada fiber reinforced concrete

Tambun, Luciana Samantha and Nanlohy, Steven Carolis (2008) Efek orientasi fiber terhadap penetrasi ion klorida pada fiber reinforced concrete. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penetrasi ion klorida pada struktur beton bertulang dipengaruhi beberapa faktor misalnya faktor air semen, kadar semen, kondisi lingkungan serta penggunaan material tambahan pada beton. Material tambahan yang digunakan adalah steel fiber yang dimix dengan beton. Pada penelitian ini penetrasi ion klorida dilakukan dengan cara perendaman beton pada larutan garam 10% selama ? 90 hari. Variabel yang digunakan adalah faktor air semen, volume fiber dan orientasi fiber. Hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi faktor air semen, maka beton akan semakin poros dan ketebalan Interfacial Transition Zone (ITZ) akan semakin besar, sehingga ion-ion klorida akan mudah masuk ke dalam beton. Secara umum, volume fiber tidak terlalu berpengaruh pada penetrasi ion klorida. Yang paling berpengaruh adalah efek orientasi fiber, yaitu penetrasi ion klorida pada beton dengan tipe orientasi fiber horisontal lebih besar dibandingkan dengan tipe orientasi fiber vertikal pada volume fiber yang dianjurkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: reinforced concrete, chloride penetration, steel fiber, water cement ratio, fiber orientation, Interfacial Transition Zone
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 14:05
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/13444

Actions (login required)

View Item