Logo

Analisa hubungan odd pricing terhadap intends to buy konsumen di Hypermarket Surabaya

Darwali, Daniel Joseph and Suardi, Jan Marius (2008) Analisa hubungan odd pricing terhadap intends to buy konsumen di Hypermarket Surabaya. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada skripsi ini akan dibahas mengenai hubungan Odd Pricing terhadap intends to buy konsumen di Hypermarket Surabaya. Setiap Hypermarket mempunyai berbagai macam strategi untuk menarik konsumen agar berbelanja di Hypermarketnya. Salah satu strategi yang digunakan oleh Hypermarket-Hypermarket tersebut adalah strategi harga Odd Pricing. Pengertian Odd Pricing adalah metode penetapan harga berbasis psikologis pada kepercayaan batas-batas harga atau harga tertentu yang lebih menarik bagi para pembeli. Metode ini melibatkan pengaturan harga dalam bilangan gasal (sedikit di bawah bilangan genap) seperti $ 49.95 sebagai ganti $ 50.00, sehingga sering disebut dengan harga ganjil. Odd Pricing dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk. Setiap manusia (konsumen) memiliki dua sifat mendasar yaitu kognitif dan afektif. Kognitif bisa disebut dengan motif rasional, sedangkan afektif disebut dengan motif emosional. Hubungan Odd Pricing terhadap konsumen yang motif rasionalnya tinggi berbeda dengan konsumen yang motif emosionalnya tinggi. Dari penelitian yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kognitif dan afektf terhadap minat pembelian didapat bahwa nilai kognitif memiliki nilai 80.88% jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan afektif sebesar 22.06%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: pricing, odd pricing, cognitive, affective, hypermarket
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 13:42
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/13739

Actions (login required)

View Item