Logo

Pop cengeng dan media: analisis framing berita Kangen Band di majalah HAI

Pasaribu, Cindy Riona (2009) Pop cengeng dan media: analisis framing berita Kangen Band di majalah HAI. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembingkaian berita merupakan salah satu fenomena komunikasi di media cetak, dalam penelitian ini majalah. Fenomena tersebut memberitahukan kepada pembaca bahwa media massa tidak sekedar menghimpun dan memproduksi produk jurnalistik atau realitas berita kepada publik pembaca, namun juga melakukan penonjolan dan penenggelaman fakta. Majalah HAI sebagai majalah remaja pria satu-satuya di Indonesia juga melakukan pembingkaian berita terhadap fenomena Kangen Band yang membawa isu musik pop cengeng. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pembingkaian berita yang dilakukan majalah HAI terhadap isu tersebut. Pembingkaian tersebut mewakili strategi konstruksi sosial yang dilakukan majalah HAI. Peneliti menggunakan teknik penelitian kualitatif interpretif dengan metode analisis framing. Dan hasil penelitian adalah pembingkaian berita Kangen Band yang negatif, yang ditunjukkan dengan penitikberatan fenomena Kangen Band pada komersialisme dan apresiasi majalah HAI yang rendah terhadap kualitas Kangen Band.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: news framing, framing analysis, hai magazine
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 18:53
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/1381

Actions (login required)

View Item