Logo

Upaya meminimalkan non value added activity pada gudang bahan baku dan buhler dengan metode lean manufacturing di PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. unit Sidoarjo

Laksmi, Nindita and Angelica, Elsa (2008) Upaya meminimalkan non value added activity pada gudang bahan baku dan buhler dengan metode lean manufacturing di PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. unit Sidoarjo. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selama melakukan enam bulan penelitian, di PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Sidoarjo masih banyak terdapat downtime mesin dan non value added activity pada proses kedatangan bahan baku hingga proses penyusunan di gudang bahan baku. Untuk mengetahui penyebab downtime di mesin press dan non value added activity pada proses di gudang bahan baku digunakan diagram pareto dan Process Activity Mapping. Untuk meminimalkan penanganan downtime dan meminimalkan lamanya non value added activity maka dirancang usulan yang berupa metode kerja dan alat bantu. Dari pengolahan data, didapatkan penyebab downtime terbesar adalah press slip.Untuk meminimalkan penanganan downtime digunakan metode SMED. Dengan metode ini total waktu mengambil alat saat penanganan press slip tipe berat yang semula 2492 detik berhasil dikurangi menjadi 2190 detik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: downtime, lean manufacturing, smed, process activity mapping
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 11:05
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/13836

Actions (login required)

View Item