Logo

Analisa bentuk dan orientasi bangunan ditinjau dari kriteria konservasi energi pada bangunan bertingkat tinggi di Indonesia

Setiawan, Dicky Aries (2006) Analisa bentuk dan orientasi bangunan ditinjau dari kriteria konservasi energi pada bangunan bertingkat tinggi di Indonesia. Master thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sumber daya alam semakin berkurang jumlahnya. Oleh sebab itu pemerintah semakin mewajibkan diberlakukannya konservasi energi. Konservasi Energi ini merupakan upaya untuk mengeffisienkan pemakaian energi yang digunakan untuk sistem tata udara tanpa mengurangi fungsinya. Pembahasan konservasi energi ini membahas beban pendinginan yang dihasilkan oleh bangunan melalui perhitungan dengan metode CLTD dan OTTV. Penelitian ini membahas hubungan yang terjadi dari bentuk standart bangunan dengan orientasi bangunan, bahwa nilai beban pendinginan untuk bentuk bangunan dengan orientasi yang berbeda bisa menghasilkan beban pendinginan yang berbeda. Melalui penelitian ini dapat diketahui bentuk dan orientasi dari bangunan hipotetis yang memiliki beban pendinginan paling kecil.

Item Type: Thesis (Master)
Uncontrolled Keywords: energy conservation, cooling load, ottv
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 10:32
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/14018

Actions (login required)

View Item