Logo

Komparasi isi press release PT. Indosat dan PT. Excelcomindo

Luspitasari, Dina (2009) Komparasi isi press release PT. Indosat dan PT. Excelcomindo. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Public Relations memerlukan perencanaan strategis dalam memenuhi tugas dan fungsinya demi tercapainya tujuan komunikasi. Press release merupakan strategi komunikasi yang efektif dan persuasif dalam menyampaikan informasi kepada publik melalui media. Meningkatnya jumlah dikirimya press release melalui media oleh perusahaan seluler pada semester ke dua tahun 2007 merupakan suatu fenomena. Namun hanya PT Indosat dan PT Excelcomindo yang mencantumkan press release pada situs perusahaan. Oleh karena itu, analisa isi ini dibuat untuk mengetahui bagaimana perbandingan isi press release kedua objek penelitian dari segi kecenderungan isu dan praktek penulisannya dikarenakan adanya faktor uncontrolled media. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa ke dua objek penelitian cenderung membuat jenis basic publicity release lebih banyak daripada jenis release yang lain. Selain itu, dalam praktek penulisan release terdapat kesalahan dalam menyusun lead, didapatinya pesan menjual atau kata dengan arti melebih-lebihkan, adanya tanggal release dan boilerplate yang tidak dicantumkan, dan masih didapatinya kesalahan pengetikan. Melalui hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan atau referensi bagi divisi PR PT Indosat dan PT Excelcomindo dalam meningkatkan hasil karya dalam penulisan press release.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: content analysis, press release
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 18:49
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item