Logo

Batik Kenongo Sidoarjo sebagai salah satu cinderemata khas Jawa Timur dan penunjang Desa Kenongo sebagai daerah tujuan wisata

, Sherly (1998) Batik Kenongo Sidoarjo sebagai salah satu cinderemata khas Jawa Timur dan penunjang Desa Kenongo sebagai daerah tujuan wisata. Diploma thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kabupaten Sidoarjo adalah bagian wilayah II Surabaya yang termasuk wilayah pengembangan GERBANGKERTASUSILA (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan) merupakan daerah yang memiliki peranan penting dalam menunjang kepariwisataan di Jawa Timur, ditunjang dengan letaknya yang strategis yaitu berdekatan dengan kota Surabaya membutuhkan waktu kira-kira 45 menit dengan panjang perjalanan 23 km, kabupaten Sidoarjo akan segera menjadi bagian dari wilayah Surabaya. Kabupaten Sidoarjo terkenal dengan makanan khasnya yaitu krupuk ikan, udang, petis udang dan ikan bandeng serta berbagai kerajinan industri rumah tangga seperti kerajinan kulit imitasi dari Tanggulangin dan kain bordir yang sudah banyak dipasarkan di luar negeri antara lain Saudi Arabia dan Abu dhabi. Selain itu kabupaten Sidoarjo temyata juga memiliki cinderamata khas yang berpotensi yaitu batik Kenongo dari desa Kenongo, kecamatan Tulangan. Batik Kenongo ini mempunyai ciri khas tersendiri melalui gaya yang ditampilkan yaitu kontemporer dan tradisional, warna merah yang menyolok dan setiap kain batik yang dihasilkan mempunyai desain yang berbeda. Selain itu keberadaan desa Kenongo sebagai penghasil batik Kenongo patut untuk dikunjungi mengingat letaknya yang bersebelahan dengan Tanggulangin hanya membutuhkan waktu 15 menit sehingga para wisatawan dapat langsung melihat pembuatan batik ini. Diharapkan agar pihak-pihak yang terkait dalam hal ini DISPARDA Tingkat I Jawa Timur, PEMDA Sidoarjo, BPU dan masyarakat setempat ikut serta dalam usaha mengembangkan dan mempromosikan batik Kenongo agar dapat lebih dikenal oleh para wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 05 Apr 2011 16:17
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/14354

Actions (login required)

View Item