Natadjaja, Listia (2011) Iklan Layanan Masyarakat: “Pencitraan” Berbuah “Ledekan”. In: Language in the Online and Offline World 2: The Awakening, May 31 and June 1, 2011, A National Conference English Department Ruang Konferensi (RK), Gedung W lt. 10 Petra Christian University Siwalankerto 121-131, Surabaya.
Microsoft Word - Accepted Version Download (177Kb) |
Abstract
Iklan Layanan Masyarakat (ILM) tentang pajak dengan slogan “Apa Kata Dunia” yang ditayangkan oleh media massa ternyata mampu menarik perhatian dan memunculkan opini publik. Tulisan ini mencoba mengkaji bagaimana masyarakat memaknai iklan ini dan menyuarakan opini mereka untuk berbagai kepentingan melalui media cetak dan elektronik. Sehubungan dengan merebaknya kasus pajak, ILM pajak yang ingin meningkatkan citra DirJen Pajak Indonesia maknanya bergeser menjadi sebuah “ledekan” yang makin populer. Slogan ini tidak hanya digunakan sebagai sindiran tentang pajak tetapi juga dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu dan juga percakapan informal. ILM pajak yang merupakan usaha untuk menyuarakan kepentingan Pemerintah, nampaknya masih mementingkan pencitraan. ILM pajak yang ada saat ini, selain tidak efektif ternyata dapat menimbulkan reaksi negatif. Pemilihan slogan haruslah menjawab permasalahan yang ada, bukan hanya mewakili kepentingan pihak tertentu, apalagi untuk membangun citra, dimana permasalahan dasarnya belum mampu dijawab yaitu kepercayaan publik. Kata Kunci: Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Pajak, Apa Kata Dunia
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Faculty of Art and Design > Visual Communication Design Department |
Depositing User: | Listia Natadjaja |
Date Deposited: | 11 Jul 2011 14:55 |
Last Modified: | 11 Jul 2011 14:55 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/15033 |
Actions (login required)
View Item |