Basuki , Rachel Myrna Nathania and Natadjaja, Listia and Yudani, Hen Dian (2010) Karakteristik Visual Buku Pembelajaran Bahasa Mandarin-Indonesia-Inggris untuk Anak-Anak Usia 4-7 Tahun. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 10 (1). pp. 1-5. ISSN 0215-0905
Abstract
Dalam globalisasi, masyarakat dituntut untuk menguasai bahasa lain selain bahasa ibu dan bahasa Inggris. Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa asing yang banyak digunakan sebagai alat komunikasi di dunia. Saat ini, bahasa Mandarin juga mulai banyak disertakan dalam silabus pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu perlu dibuat buku pembelajaran untuk membantu anak-anak dalam mempelajari bahasa Mandarin sebagai bahasa asing sejak dini. Konsep buku sangatlah penting untuk membantu anak-anak dalam mempelajari bahasa Mandarin. Selain itu juga bertujuan untuk memudahkan proses belajar dan merangsang anak-anak untuk lebih kreatif. Buku ini dibuat menggunakan dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Mandarin, dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia. Dalam pembuatan buku pembelajaran bahasa Mandarin menggunakan metode analisa SWOT (Strengh, Weekness, Opportunity, and Threat) dan wawancara terbuka terhadap beberapa orang sebagai informasi pendukung dalam proses desain buku. Eksekusi desain dibuat dengan menciptakan ilustrasi yang sesuai dengan minat dan kesukaan anak, seperti gambar orang maupun hewan yang diwujudkan dalam gambar-gambar yang penuh warna dan garis-garis yang sederhana, dimana diharapkan dapat memotivasi anak untuk belajar. Setelah melalui proses penelitian, penulis merasa perlu membuat buku pembelajaran. Desain buku yang terdiri dari empat buku pembelajaran dan satu buku pengenalan angka, dengan topik mengenai anak dan keluarganya, serta anak dan aktivitas sehari-harinya. Kata Kunci : Buku Pembelajaran, Bahasa, Inggris, Mandarin, Kreatifitas, anak-anak.
Actions (login required)