Logo

ANALISIS VISUAL KAMPANYE SOSIALISASI PEMILIHAN UMUM (PEMILU) DAMAI DALAM PERANGKO PEMILU 2009

Suhartono, Ani Wijayanti (2011) ANALISIS VISUAL KAMPANYE SOSIALISASI PEMILIHAN UMUM (PEMILU) DAMAI DALAM PERANGKO PEMILU 2009. Master thesis, Universitas Airlangga.

[img] PDF (ANALISIS VISUAL KAMPANYE SOSIALISASI PEMILIHAN UMUM (PEMILU) DAMAI DALAM PERANGKO PEMILU 2009 ) - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (992Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mengungkap makna visual perangko dalam Kampanye Sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) Damai Perangko Pemilu 2009 di Indonesia. KPU melakukan kampaye sosialisasi pemilu, dari pendaftaran pemilih, informasi pemilu, sampai teknik pencoblosan harus diketahui dan dipahami masyarakat sehingga pemilu 2009 dapat berjalan dengan sukses dan damai. Kampanye solialisasi dilakukan melalui media perangko dengan fokus pada jumlah peserta pemilu, tata cara penggunaan hak suara dan informasi waktu pemilu. Image visual yang akan diteliti adalah Perangko Pemilu 2009 merupakan fenomena komunikasi visual yang mentransmisikan pesan (pemerintah) kepada penerima pesan (rakyat), melalui tanda visual yang dikirimkan. Tanda visual berupa tulisan, gambar diam (still image) merupakan obyek representasi yang menghasilkan pemahaman berbeda dalam melihat obyek visual. Tanda-tanda visual yang direpresentasikan dan dikandung dalam visual perangko dengan kajian semiotika. Peneliti menggunakan metode analisis semiotika model Pierce untuk mengetahui makna yang terkandung dalam visual perangko pemilu 2009 Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan 3 variasi analisis tanda dari semiotika Pierce yaitu: ke-pertama-an (firstness), ke-dua-an (secondness), dan ke-tiga-an (thirdness). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam analisis data menggunakan analisa tekstual di mana makna yang berkaitan dengan isi suatu teks atau wacana itu sendiri. Dalam metode ini akan menggambarkan dan menjelaskan berbagai gejala yang muncul berupa tanda visual yakni perangko Pemilu 2009. Semua tanda visual yang muncul akan dianalis dengan analisis semiotika C.S. Pierce, di mana tanda visual dalam perangko pemilu 2009 akan dimaknai dengan tanda yang ada di masyarakat. Dengan menggunakan model semiotika Peirce ini data-data visual yang diperoleh akan dokumentasikan. Kemudian tanda-tanda visual yang terdapat pada obyek tersebut ditekskan (diteliti secara semiotika) dengan pendekatan sesuai tingkatan ikon-indeks-simbol

    Item Type: Thesis (Master)
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Faculty of Art and Design > Visual Communication Design Department
    Depositing User: Ani Wijayanti Suhartono
    Date Deposited: 14 Jun 2012 09:34
    Last Modified: 14 Jun 2012 09:34
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/15465

    Actions (login required)

    View Item