Yoedo, Yuli Christiana (2012) Peningkatan Kualitas Guru Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. In: “Memperbanyak atau Meningkatkan Kualitas Guruâ€, 09-06-2012 - 09-06-2012, Surabaya - Indonesia.
Microsoft Word Download (50Kb) |
Abstract
Abstrak: Berdasarkan data dari World Bank Indonesia (2011) dan Kompas (2012), diketahui bahwa kuantitas guru tidak sebanding dengan kualitas profesionalnya. Kuantitas dianggap berlebih sementara itu kualitas masih di bawah standar. Seperti diketahui bersama, guru mengemban tugas mendidik generasi penerus bangsa (Setiawani, 2000: 16). Makalah ini mengusulkan beberapa langkah strategis pembinaan guru, yang dapat dilakukan secara sinergis oleh guru, sekolah dan pemerintah. Tindakan yang dapat dilakukan guru adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris, memiliki pengetahuan psikologi anak dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Berikutnya, pihak sekolah seyogyanya memberikan kenyamanan bagi guru, meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan guru. Sementara itu, pemerintah perlu meningkatkan pengawasan terhadap Yayasan Pendidikan, mengevaluasi peraturan sekolah, memberikan anggaran penelitian dan seminar, bekerjasama dengan pihak universitas, membuat sinetron atau film tentang guru dan mengadakan program studi banding bagi guru. Ide di atas diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru jika ketiga pihak benar-benar bersehati untuk mengimplementasikannya.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, kualitas, guru, sekolah, pemerintah |
Subjects: | P Language and Literature |
Divisions: | Faculty of Letter > English Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 16 Jul 2012 01:26 |
Last Modified: | 05 Nov 2012 17:29 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/15778 |
Actions (login required)
View Item |