Maer, Bisatya Widadya and Hendrayani, Esterlita Devi Cased Based dan Problem Based Learning dalam Pengajaran Struktur. In: Struktur dan Konstruksi Bangunan dalam Arsitektur: Kemajemukan dan Keterpaduan, 5 April 2002, Universitas Kristen Petra Surabaya.
Abstract
Pembelajaran struktur bangunan dalam kurikulum Jurusan Arsitektur U. K. Petra diharapkanm meluluskan mahasiswa yang mampu berinovasi dengan konsep/prinsip struktur bangunan. Tulisan ini mengamati kemungkinan menerapkan pengajaran struktur bangunan dengan metode “case-based learning” (CBL) dan “problem based learning” (PBL). CBL dan PBL merupakan pembelajaran yang berorientasi pada mahasiswa (student centered), dimana mahasiswa diposisikan sebagai pusat dari proses belajar, yang aktif menggali dan menemukan masalah serta pemecahannya dibawah pengarahan fasilitator. CBL sesuai untuk problem terstruktur, modular dan tidak seragam, PBL sesuai untuk problem yang tidak terstruktur (ill structured). Tulisan ini baru menyimpulkan bahwa CBL dan PBL sesuai diterapkan pada matkuliah struktur bangunan yang terdiri dari gabungan beberapa matakuliah dan terpadu. Hambatan terletak pada perubahan paradigma bagi tutor-tutor dan mahasiswa. disusun pada saat proses belajar mengajar
Actions (login required)