Liliana, and Satiabudhi, Gregorius and Wibisono, Anthony and Tanojo, Ricky (2012) Pengecekan Plagiarisme Pada Code Dalam Bahasa C++. Jurnal Informatika, 11 (1). pp. 70-78. ISSN 1411-0105
PDF Download (474Kb) |
Abstract
Program Studi Teknik Informatika UK Petra mempunyai studio pemrograman yang digunakan untuk sarana berlatih pemrograman bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa yang mengambil matakuliah algoritma dan pemrograman. Sistem yang saat ini diterapkan adalah memberikan soal - soal latihan sebanyak mungkin untuk dikerjakan sesuai kemampuan mahasiswa. Penilaian dilakukan dengan menghitung poin nilai dari soal- soal yang dikerjakan dengan benar. Permasalahan yang terjadi pada saat pengerjaan soal di studio adalah adanya plagiarisme di antara hasil pekerjaan mahasiswa. Plagiarisme ini membutuhkan banyak waktu untuk mengeceknya. Dalam satu semester seorang mahasiswa AP dapat mengerjakan sekitar 100 soal. Jika total mahasiswa yang mengambil MK AP setidakny a 100 orang, maka butuh kecermatan dan waktu yang lama untuk mengoreksi semua jawaban tersebut. Berangkat dari kesulitan itu, maka dibuatlah sebuah aplikasi untuk mengecek plagiarisme antara dua buah jawaban yang berbeda dari soal yang sama. Tingkat kemiripan dihitung dengan menggunakan gabungan metode jaccard similarity coefficient dan cosine similarity coefficient. Sistem sudah mampu melakukan pengecekan kesamaan pada file- file source code hasil pekerjaan mahasiswa dengan tingkat kompleksitas yang sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | source code, plagiarism, similarity, jaccard similarity coefficient, cosine similarity coefficient |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 18 Jun 2013 22:19 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 05:13 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16169 |
Actions (login required)
View Item |