Logo

PERANCANGAN PROPELER TURBIN ANGIN PADA GEDUNG HEMAT ENERGI

JONATHAN, PETER and Sutrisno, Teng and Suprianto, Fandi Dwiputra (2012) PERANCANGAN PROPELER TURBIN ANGIN PADA GEDUNG HEMAT ENERGI. Mechanova.

[img] PDF
Download (439Kb)

    Abstract

    Turbin angin dapat menjadi salah satu solusi alat pembangkit tenaga listrik dengan mengkonversi energi angin menjadi listrik ditengah krisis energi global pada abad ke-21 ini. Kebutuhan energi didaerah perkotaan terus meningkat seiring berjalannya waktu yang tidak diikuti perkembangan sumber energi terbarukan. Dengan adanya gedung-gedung tinggi, semestinya meningkatkan potensi energi angin yang melewati sela-sela gedung yang merupakan konsentrator angin. Maka, perlu dirancang Propeler Turbin Angin yang optimal yang dapat menjawab kebutuhan energi di daerah perkotaan khususnya pada Gedung Hemat Energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain propeler yang paling optimum. Penelitian dilakukan dengan proses perhitungan dengan BEM, simulasi dengan menggunakan FLUENT, eksperimen dengan menggunakan Miniatur berskala 1:10, dan Pengujian dengan Prototype dengan ukuran sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian, Mixed Ideal Blade memiliki efisiensi sebesar 38,364, unggul 1,244 dari Uniform Ideal Blade serta unggul 7,987 dari Uniform Linearised Blade. Dari hasil pengujian, Turbin angin mulai berputar pada kecepatan angin 2,6 m/s. Dari hasil penelitian tersebut, maka Mixed Ideal Blade dapat diaplikasikan pada Gedung P1 dan P2 UK. Petra yang merupakan Gedung Hemat Energi

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Horizontal Axis Wind Turbine, Blade Element Momentum, Gedung Hemat Energi, Blade Design, Wind Energy.
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 04 Feb 2013 21:38
    Last Modified: 18 Jul 2019 04:36
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16410

    Actions (login required)

    View Item