Logo

MODEL KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KESUKSESAN PROYEK

UNSPECIFIED MODEL KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KESUKSESAN PROYEK. In: Makalah KoNTekS7 UNS 2013, 2013, Universitas Negeri Solo.

[img]
Preview
PDF
Download (442Kb) | Preview

    Abstract

    Beberapa studi menunjukkan bahwa kepercayaan mempunyai kekuatan yang dapat mempengaruhi hubungan dalam organisasi dan kesuksesan proyek. D isisi lain, kepuasan dalam hubungan kerja merupakan respon emosi dan sikap seseorang dalam bekerja yang dapat mempengaruhi kinerja yang dihasilkan. Keterpaduan antara kepercayaan dan kepuasan kerja dalam proyek perumahan seringkali belum tercipta dengan baik sehingga kurang menghasilkan kesuksesan proyek. Kepercayaan dalam hubungan organisasi dapat mempengaruhi kepuasan kerja yang pada akhirnya baik secara langsung maupun tudak langsung akan berpengaruh terhadap kesuksesan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model yang menggambarkan pengaruh kepercayaan dalam organisasi dan kepuasan kerja terhadap kesuksesan proyek konstruksi perumahan. Data dikumpulkan dari 40 responden yang terdiri dari kontraktor dan pengembang perumahan di Surabaya. Data tersebut diolah dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan yang disertai dengan kepuasan kerja akan memberikan efek tidak langsung yang lebih besar terhadap kesuksesan proyek (faktor loading sebesar 0,574) dari pada secara langsung tanpa terbentuknya kepuasan kerja (faktor loading sebesar 0,340). Variabel indikator kepercayaan yang signifikan ini adalah kepercayaan terhadap komitmen yang dibuat sebagai integrity trust . Sebaliknya kepuasan kerja secara langsung dapat menghasilkan kesuksesan proyek (faktor loading sebesar 0,514) yang ditentukan oleh variabel indikator keterbukaan berbicara dan saling berbagi masalah dengan pihak lain. Kesuksesan proyek secara signifikan ditentukan oleh kepuasan pelanggan dengan faktor loading sebesar 0,899. Kesimpulan dari penelitian ini mengisyaratkan bahwa kepercayaan dalam organisasi yang dapat dilakukan dengan membuat komitment , keterbukaan dan saling berbagi masalah akan mengahsilkan kesuksesan proyek yang ditandai dengan kepuasan pelanggan.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering Department
    Depositing User: Dr. Ir. Herry Pintardi Chandra, S.E., M.M, M.T.
    Date Deposited: 28 Mar 2014 08:35
    Last Modified: 28 Mar 2014 08:35
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16506

    Actions (login required)

    View Item