Dora, Purnama Esa (2010) OPTIMASI DESAIN PENCAHAYAAN RUANG KELAS SMA SANTA MARIA SURABAYA. Dimensi Interior, 9 (2). pp. 67-79. ISSN 1693-3532
PDF Download (971Kb) |
Abstract
Pencahayaan merupakan salah satu faktor penting dalam perancangan sebuah ruang. Sekolah yang baik seharusnya didesain sehingga dapat meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. Standar pencahayaan ruang kelas di Indonesia adalah 250-300 lux. Sedangkan lampu yang dipakai dalam ruang kelas disarankan lampu dengan warna cahaya putih netral yang cahayanya dapat menyatu dengan baik dengan cahaya alami. Beberapa sekolah di Surabaya, yang menggunakan bangunan kolonial Belanda, pada umumnya memiliki masalah ada intensitas cahaya karena tidak sesuai dengan standar. Hasil pengukuran SMA. Santa Maria Surabaya pada tanggal 9 Januari 2010 menunjukkan bahwa seluruh kelas (19 kelas)memiliki masalah pencahayaan dalam hal intensitas cahaya. Dari 19 kelas yang diukur, 13 kelas tidak mencapai standar (terlalu gelap) dan 6 kelas lainnya melebihi standar sehingga kelas terlalu silau. Oleh sebab itu dibutuhkan perbaikan desain pencahayaan pada sekolah ini untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif, dan perbaikan akan dilakukan melalui metode simulasi dan optimasi untuk mencapai standar pencahayaan yang optimum.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimasi, desain pencahayaan, ruang kelas, SMA Santa Maria Surabaya |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Faculty of Art and Design > Interior Design Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 04 Apr 2014 22:28 |
Last Modified: | 04 Apr 2014 22:31 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16530 |
Actions (login required)
View Item |