Tjayadiana, Rindra Puspita (2009) Implementasi responsif gender dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar di Kecamatan Rungkut Surabaya. Bachelor thesis, Petra Christian University.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian analisis isi deskriptif kuantitatif berjudul: Implementasi Responsif Gender Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Di Kecamatan Rungkut Surabaya ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bias gender dan responsif gender dalam kalimat dan gambar dibuku pelajaran sekolah dasar. Gender sudah disosialisasi oleh masyarakat sejak jaman dahulu, baik dari keluarga maupun lingkungan sekitar bahkan dilingkungan sekolah melalui buku-buku pelajaran, hal ini terjadi secara turun temurun hingga saat ini. Terbukti masih banyak pekerjaan-pekerjaan yang masih digolongkan menurut jenis kelamin, seperti perempuan mengerjakan pekerjaan yang feminim dan domestik, sedangkan laki-laki mengerjakan pekerjaan yang maskulin dan publik, dan sosialisasi gender seperti ini juga terdapat dalam buku pelajaran sekolah, terutama buku pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan penulis buku pelajaran masih menggunakan kalimat dan gambar yang bias gender.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gender, text book |
Subjects: | UNSPECIFIED |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 23 Mar 2011 18:48 |
Last Modified: | 31 Mar 2011 18:28 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/1654 |
Actions (login required)
View Item |