Logo

Media Kristen Pada Era New Media: Tantangan dan Peluang

Priyowidodo, Gatut Media Kristen Pada Era New Media: Tantangan dan Peluang. TABLOID MITRA INDONESIA, IX (108). p. 21. ISSN 2252-3111

Full text not available from this repository.

Abstract

Keserba-hadiran media adalah fakta yang paradoksal. Di satu sisi ia mengusung prinsip-prinsip imparsialitas, namun pada saat yang bersamaan ia tunduk terhadap pembelaan semu kepentingan tertentu yang memihak. Di satu sisi ia berupaya keras tampil elegan meneriakan kebenaran fakta, tetapi pada waktu yang berhimpitan ia gundah akan adanya kepalsuan-kepalsuan yang mesti disembunyikan. Pada saat tertentu ia ingin bertumbuh sebagai institusi media yang mandiri , namun fakta di lapangan intervensi kapital meluluh lantakan spirit berdikari. Realitas tersebut masih perlu dilengkapi bahwa di atas semua itu, jangan dilupakan meretas dan merebaknya media sosial di era teknologi informasi. Mengelola media di era post industrialisasi pers adalah pergulatan yang serba pelik di atas ayunan idealism dan pragmatism. Parahnya, belum lagi kerangka ideologi terhayati hempasan demi hempasan terus menerjang mengikis eksistensi jatidiri insan media. Lalu pertanyaannya, peran apakah yang sebaiknya diambil oleh media-media kristiani dalam situasi seperti itu? Pendekatan apa saja yang masih relevan di era new media?

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Communication > Journalism
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
Depositing User: Gatut Priyowidodo
Date Deposited: 20 Oct 2014 14:16
Last Modified: 20 Oct 2014 14:16
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16730

Actions (login required)

View Item