Logo

ANALISIS STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI PT. XYZ

HALIM, DION CHRISTIAN and Wibowo, Adi and Purbowo, Anita Nathania (2014) ANALISIS STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI PT. XYZ. Jurnal Informatika, 12 (1). pp. 1-6. ISSN 1411-0105

[img] PDF
Download (148Kb)

    Abstract

    PT. XYZ merupakan sebuah perusahaan yang memprioritaskan customer lama. Namun dalam pelaksanaannya, PT. XYZ belum memiliki manajemen marketing yang menunjang loyalitas customer, terutama yang menggunakan media eletronik. Hal ini bisa terlihat saat perusahaan mengadakan kegiatan. Proses pemilihan customer yang menjadi peserta masih dilakukan secara manual. Selain itu, belum ada sistem yang menangani keluhan dari customer dan penawaran produk yang diberikan kepada customer lama pun belum tersistem secara jelas, hanya berdasarkan pengetahuan dan pengalaman sales force saja. Padahal, saat ini teknologi sudah sangat berkembang dan memungkinkan hal-hal ini untuk menjadi tersistem sehingga dapat meningkatkan loyalitas customer. Hasil yang diperoleh adalah penerapan Customer Relationship Management (CRM) khususnya yang menggunakan media elektronik (e-CRM) dalam strategi marketing untuk meningkatkan loyalitas customer maupun mendapatkan customer baru.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Customer relationship management, e-CRM, strategi marketing, manajemen marketing
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 29 Oct 2014 00:58
    Last Modified: 18 Jul 2019 11:41
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16750

    Actions (login required)

    View Item