Logo

Pengembangan Progam Perhitungan Berbasis Internet untuk Pembelajaran Metode Elemen Hingga

Tjong, Wong Foek and Liliana, (2014) Pengembangan Progam Perhitungan Berbasis Internet untuk Pembelajaran Metode Elemen Hingga. In: Konferensi Nasional Teknik Sipil 8, 16-10-2014 - 17-10-2014, Bandung - Indonesia.

[img] PDF
Download (817Kb)

    Abstract

    Metode elemen hingga (MEH) merupakan metode perhitungan yang luas digunakan dalam bidang rekayasa dan kelimuan sehingga telah menjadi bagian kurikulum pendidikan banyak program studi bidang rekayasa. Agar mahasiswa dapat mempelajari MEH secara efisien diperlukan alat bantu perhitungan MEH. Tulisan ini membahas pengembangan dan fitur edukatif program perhitungan berbasis internet untuk alat bantu pembelajaran mata kuliah MEH di Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra, Surabaya. Pengembangan program dilakukan dalam dua tahap, yaitu program untuk analisis struktur rangka dua dimensi dan program untuk analisis tegangan/regangan bidang. Elemen-elemen yang dipakai adalah elemen-elemen yang dibahas dalam mata kuliah MEH, yakni elemen rangka dua dimensi, elemen segitiga regangan konstan dan elemen isoparametik segiempat empat-titik. Hasil pengembangan progam dapat diakses di situs ta29.petra.ac.id untuk analisis struktur rangka dan di situs ta36.petra.ac.id untuk analisis tegangan/regangan bidang. Kebenaran hasil perhitungan program-program ini telah diverifikasi dengan membandingkan hasil perhitungannya dengan hasil dari software komersial SAP2000. Kelebihan program ini adalah dapat menampilkan langkah-langkah perhitungan analisis statik linier secara rinci sehingga cocok digunakan untuk pembelajaran MEH. Kedua program yang tersebut dapat diakses siapa saja yang ingin yang memanfaakannya untuk pembelajaran MEH, khususnya untuk memahami langkah-langkah perhitungan metode kekakuan langsung.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: metode elemen hingga, struktur rangka, tegangan/regangan bidang, elemen rangka, eleman segitiga regangan konstan, elemen isoparametrik segiempat empat-titik, analisis statik linier
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 23 Jan 2015 00:13
    Last Modified: 22 Jul 2019 04:53
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16873

    Actions (login required)

    View Item