Logo

Pengaruh pesan iklan televisi Anlene One-a-Day terhadap efek kognitif perempuan Surabaya

T, Wahyuni Utami (2009) Pengaruh pesan iklan televisi Anlene One-a-Day terhadap efek kognitif perempuan Surabaya. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh pesan iklan televisi Anlene One-a-Day terhadap efek kognitif perempuan Surabaya. Menurut teori SOR, jika audience diterpa oleh pesan, maka audience akan mengolah pesan tersebut dan memberikan respon. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel pesan iklan televisi (X) dengan memakai unsur-unsur : isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan. Sedangkan variabel efek kognitif (Y) meliputi awareness (kesadaran) dan knowledge (pengetahuan). Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner dan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa variabel pesan iklan (X) berpengaruh secara nyata dan positif terhadap efek kognitif (Y). Terlihat bahwa indikator yang paling rendah adalah format pesan dan sumber pesan. Jika skor indikator format pesan (3,594) dan sumber pesan (3,684) dinaikkan, atau dengan kata lain diperbaiki menjadi mean 4,000, maka akan terjadi peningkatan juga pada efek kognitif. Dimana skor awal efek kognitif adalah 4,098 menjadi 4,196, atau dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 2, 39% dari skor efek kognitif yang semula.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: influence, television advertisement message, cognitive effect
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 18:25
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item