Logo

Perancangan Sistem Pengambilan Keputusan dalam Penentuan Supplier Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Perusahaan Jasa Konstruksi

Setiawan, Alexander and Handojo, Andreas and SANTOSO, ERIK BUDI (2010) Perancangan Sistem Pengambilan Keputusan dalam Penentuan Supplier Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Perusahaan Jasa Konstruksi. In: Seminar Nasional Teknologi Industri 2010, 24-03-2010 - 24-03-2010, Jakarta - Indonesia.

[img] PDF
Download (409Kb)

    Abstract

    Kemajuan teknologi yang semakin cepat dalam era globalisasi pada dunia bisnis, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa pengambilan suatu keputusan merupakan sesuatu yang sangat vital dalam menentukan keputusan yang harus diambil dalam menghadapi persaingan didunia bisnis. Pengambilan keputusan dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek, hal ini dapat mempengaruhi kecepatan dalam mengambil keputusan oleh decision maker dimana pengambilan keputusan harus cepat dan akurat. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Dimana algoritma ini melakukan proses penghitungan untuk mencari keputusan yang terbaik, yaitu dengan cara menghitung nilai kriteria-kriteria dan membandingkannya dengan perhitungan dari tiap-tiap kemungkinan keputusan yang akan diambil. Software ini akan dipakai untuk divisi pembelian penilaian yang digunakan adalah kualitas barang, harga, ketepatan pengiriman, dan status supplier. Dari hasil perancangan dan pengujian aplikasi Decision Support System akan menghasilkan keputusan yang tepat dan fleksibel dengan aspek yang mempengaruhi keputusan tersebut, serta menghasilkan laporan agar user mengerti akan keputusan tersebut diambil.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process (AHP), Decision Support System, Teknologi Informasi, Supplier
    Subjects: T Technology
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 06 Feb 2015 20:13
    Last Modified: 10 Feb 2015 22:53
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16942

    Actions (login required)

    View Item