Logo

Pemaknaan pesan iklan televisi SariWangi "Mari Bicara" oleh enam pemirsa perempuan di Surabaya

Wangi, Feronika (2009) Pemaknaan pesan iklan televisi SariWangi "Mari Bicara" oleh enam pemirsa perempuan di Surabaya. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iklan bukan hanya merupakan bentuk komunikasi dalam memasarkan sebuah produk atau jasa, tetapi juga digunakan sebagai media dalam penyampaian pesan sosial kepada masyarakat. SariWangi dalam kampanye "Mari Bicara" menggunakan iklan untuk memberikan pembelajaran kepada perempuan Indonesia agar bisa berinisiatif untuk memulai berdialog dengan pasangannya, sehingga diharapkan dapat menciptakan keluarga harmonis dan wujud emansipasi perempuan itu sendiri. Jenis penelitian deskriptif ini menggunakan metode Reception Analysis. Peneliti ingin mengetahui pemahaman dan pemaknaan penontonnya terhadap pesan iklan tersebut. Narasumber selaku informan adalah enam orang perempuan yang memiliki latar belakang dari konteks yang berbeda-beda. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pihak/informan yang menyetujui keseluruhan iklan tersebut, namun sebagian lainnya tidak menyetujui dengan alasan masing-masing. Selain itu pesan iklan yang ingin disampaikan oleh pengiklan ternyata tidak sepenuhnya bisa dimaknai informan sesuai dengan tujuan awal dari pesan tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: advertising, woman, sariwangi, televisiom
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 18:23
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item