Wijaya, Serli and Winargo, Tessa (2016) Studi Eksploratif Motivasi Berwirausaha Skala Mikro Sektor Jasa Makanan di Surabaya. KINERJA: Journal of Business and Economics, 20 (2). pp. 105-116. ISSN 0853-6627
Abstract
Pertumbuhan jumlah wirausaha skala mikro kecil dan menengah di Surabaya mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor daya dorong dan daya tarik yang mempengaruhi motivasi wirausahawan menjalankan bisnis di sektor jasa makanan di Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui survei kepada 100 wirausahawan yang berlokasi di berbagai pusat kuliner di Surabaya. Secara keseluruhan, hasil penelitian mengungkap delapan faktor baru yang memotivasi responden untuk berwirausaha. Ketidakpuasan responden terhadap pekerjaan sebelumnya merupakan satu faktor daya dorong, sebaliknya, tujuh faktor lainnya yang menjadi daya tarik antara lain: 1) dorongan keberhasilan ekonomi; 2) keyakinan pada kemampuan diri; 3) harga diri; 4) tanggung jawab sosial; 5) kebebasan mengelola bisnis; 6) kesukaan terhadap pekerjaan yang ditekuni; serta 7) model panutan.
Actions (login required)