Logo

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHASA INFORMAL DALAM PEMBELAJARAN BIPA

Wijaya, Henny Putri Saking (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHASA INFORMAL DALAM PEMBELAJARAN BIPA. In: Seminar Nasional Sastra, Pedagogik, Bahasa (SAGA#1), 03-03-2018 - 03-03-2018, Yogyakarta - Indonesia.

[img] PDF
Download (24Kb)
    [img]
    Preview
    PDF (peerreview)
    Download (898Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (cek plagiasi)
      Download (1305Kb) | Preview

        Abstract

        Pembelajaran BIPA di Universitas Kristen Petra (UK Petra) telah ada sejak 2011 di mana mahasiswa asing yang belajar BIPA merupakan peserta Program Darmasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Namun, seiring dengan banyaknya program internasional yang diadakan oleh UK Petra, banyak mahasiswa asing yang datang untuk belajar BIPA dalam waktu yang sangat singkat. Mahasiswa asing yang mengikuti kegiatan belajar BIPA dalam waktu singkat biasanya ingin belajar Bahasa Indonesia untuk bisa berkomunikasi keseharian dengan orang Indonesia. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, mahasiswa asing perlu mendapatkan keterampilan Basic Interpersonal Communication Skills (BICS). Makalah ini akan membahas efektivitas penggunaan bahasa informal dalam pembelajaran BIPA di UK Petra dengan melakukan wawancara terhadap pengajar dan pembelajar. Hasil wawancara menunjukkan bahwa mahasiswa asing merasa lebih percaya diri dalam berkomunikasi karena mereka dapat langsung mempraktekkan apa yang mereka pelajari. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasa informal efektif dalam pembelajaran BIPA.

        Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
        Uncontrolled Keywords: BIPA, efektivitas, bahasa informal
        Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
        Divisions: Faculty of Letter > English Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 23 Jul 2018 19:37
        Last Modified: 21 Apr 2021 15:29
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17864

        Actions (login required)

        View Item