Logo

ANALISIS KEPERCAYAAN, MOTIVASI DAN KEPUASAN ORANG TUA SISWA SMA KRISTEN PETRA 1 SURABAYA

Semuel, Hatane and WIJAYA, VONY (2017) ANALISIS KEPERCAYAAN, MOTIVASI DAN KEPUASAN ORANG TUA SISWA SMA KRISTEN PETRA 1 SURABAYA. Manajemen Pemasaran, Vol 11 (Vol 11). 01-10. ISSN 1907-235X

[img] PDF
Download (497Kb)

    Abstract

    Penelitian terhadap 91 orang tua siswa SMA Kristen Petra I Surabaya, 29 orang pria (32%), dan 62 orang wanita (68%), dengan status pekerjaan 22 orang (2,2%) pegawai negeri sipil, 20 orang (22%) pegawai swasta, 28 orang (30,8%) wiraswasta, 37 orang (40,7%) ibu rumah tangga, dan 4 orang (4,4%) memiliki pekerjaan lainnya. Penelitian menguji pengaruh kepercayaan dan motivasi terhadap kepuasan orang tua siswa SMA Kristen Petra I Surabaya. Kepercayaan diukur dengan indikator: ability, benevolence, dan integrity; motivasi diukur dengan indikator: dorongan untuk melanjutkan pendidikan, kebutuhan untuk memiliki keahlian khusus, dan keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup, sedangkan kepuasan diukur dengan indikator: leadership. parental involvement, faith development, curriculum and instruction, communication, support service, facilities, serta environment. Kepercayaan sebagai variabel eksogenus, motivasi sebagai variabel mediasi, dan kepuasan sebagai variabel endogenus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kepercayaan berpengaruh positif terhadap motivasi dan juga berpengaruh positif terhadap kepuasan orang tua; (2) motivasi berpengaruh positif terhadap kepuasan orang tua. Motivasi terbukti dapat menjadi mediasi antara kepercayaan terhadap kepuasan orang tua, sehingga secara total pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan semakin kuat.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Kepercayaan; motivasi; kepuasan; SMA Petra I.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    Divisions: Graduate Program > Economic Management
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 17 May 2017 22:54
    Last Modified: 04 Sep 2017 17:05
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17958

    Actions (login required)

    View Item