Logo

Efektifitas Pembelajaran Berbasis Proyek Produk Vlog Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila

Subekti, Iman and Hariyanto, (2019) Efektifitas Pembelajaran Berbasis Proyek Produk Vlog Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jurnal Edukasi : Kajian Ilmu Pendidikan, 5 (2). 11-22 halaman awal-halaman akhir. ISSN 2443-0455

[img] PDF
Download (253Kb)
    [img] PDF (cek plagiasi)
    Download (3711Kb)
      [img]
      Preview
      PDF (peerreview)
      Download (929Kb) | Preview

        Abstract

        Mata kuliah Pendidikan Pancasila sampai saat ini masih dipandang sebagai mata kuliah nomor dua atau mata kuliah yang tidak terlalu penting untuk diikuti dengan sungguh-sungguh. Hal ini juga tidak lepas dari proses pembelajarannya yang masih menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui efektivitas dari implementasi proses pembelajaran yang berbasis proyek produk vlog sebagai model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran mata kuliah Pendidikan Pancasila di Universitas Kristen Petra Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan prestasi belajar mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran proyek berbasis produk vlog dengan mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. Penelitian ini memiliki dua variabel yang meliputi keterampilan dalam berproses dan prestasi belajar. Data keterampilan dalam berproses diambil melalui kegiatan pengamatan, sedangkan data prestasi belajar diambil melalui tes tertulis. Analisa data meliputi uji pengaruh (regresi linear/ANOVAb), uji ketuntasan (One Sample T Test), dan uji perbedaan (Independent Sample T Test). Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh besar (74,70%) keterampilan proses dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek produk vlog terhadap prestasi belajar mahasiswa, terdapat perbedaan 18,75 dari nilai rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen (86,13) dan nilai rata-rata kelas kontrol (67,38). Pembelajaran berbasis proyek produk vlog lebih efektif jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran secara konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah Pendidikan Pancasila.

        Item Type: Article
        Uncontrolled Keywords: vlog, pembelajaran kooperatif, keterampilan proses
        Subjects: L Education
        Divisions: UNSPECIFIED
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 14 Jan 2020 20:13
        Last Modified: 29 Jul 2020 06:55
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/18541

        Actions (login required)

        View Item