Logo

Peningkatan Kualitas Guru Bahasa Inggris di Sekolah Dasar (r)

Yoedo, Yuli Christiana (2012) Peningkatan Kualitas Guru Bahasa Inggris di Sekolah Dasar (r). In: “Memperbanyak atau Meningkatkan Kualitas Guru”, 09-06-2012 - 09-06-2012, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (2367Kb)
    [img] PDF
    Download (3203Kb)
      Official URL: -

      Abstract

      Abstrak: Berdasarkan data dari World Bank Indonesia (2011) dan Kompas (2012), diketahui bahwa kuantitas guru tidak sebanding dengan kualitas profesionalnya. Kuantitas dianggap berlebih sementara itu kualitas masih di bawah standar. Seperti diketahui bersama, guru mengemban tugas mendidik generasi penerus bangsa (Setiawani, 2000: 16). Makalah ini mengusulkan beberapa langkah strategis pembinaan guru, yang dapat dilakukan secara sinergis oleh guru, sekolah dan pemerintah. Tindakan yang dapat dilakukan guru adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris, memiliki pengetahuan psikologi anak dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Berikutnya, pihak sekolah seyogyanya memberikan kenyamanan bagi guru, meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan guru. Sementara itu, pemerintah perlu meningkatkan pengawasan terhadap Yayasan Pendidikan, mengevaluasi peraturan sekolah, memberikan anggaran penelitian dan seminar, bekerjasama dengan pihak universitas, membuat sinetron atau film tentang guru dan mengadakan program studi banding bagi guru. Ide di atas diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru jika ketiga pihak benar-benar bersehati untuk mengimplementasikannya.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: peningkatan, kualitas, guru, sekolah, pemerintah
      Subjects: L Education
      Divisions: UNSPECIFIED
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 01 Mar 2020 08:21
      Last Modified: 09 Mar 2020 18:12
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/18661

      Actions (login required)

      View Item