Logo

VIDEO PSIKOEDUKASI SEBAGAI PSYCHOLOGICAL FIRST AID DALAM MENOLONG ANAK KORBAN SEXUAL ABUSE

GEMILANG, YUSTINA and Santoso, Magdalena Pranata (2021) VIDEO PSIKOEDUKASI SEBAGAI PSYCHOLOGICAL FIRST AID DALAM MENOLONG ANAK KORBAN SEXUAL ABUSE. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (1111Kb)
    [img] PDF
    Download (6Mb)
      [img]
      Preview
      PDF (Paper - Magdalena)
      Download (1882Kb) | Preview

        Abstract

        Kasus kekerasan seksual pada anak terus meningkat.Anak-anak merupakan kelompok yang paling sering menjadi korban terhadap sexual abuse.Tindakan sexual abuse memberikan dampak jangka pendek dan panjang pada anak.Trauma pada anak yang mengalami sexual abuse akan mereka alami seumur hidupnya. Trauma akibatsexual abusepada anak akan semakin sulit dipulihkan jika tidak segera ditangani. Anak-anak yang menjadi korban sexual abuseperlu segera ditolong. Pendekatan yang bisa dipakai untuk memberi dukungan psikologis pertama pada anak yaitu PsychologicalFirstAid (PFA).PFAuntukanak-anakberkontribusipadapencegahanjangkapendekdanjangkapanjangmasalahpsikologissepertitrauma.MelakukanPFApadaanakyangmenjadikorbansexualabusedapatmengurangirisikogangguanmental,meningkatkanself-healing,danmembangunharapanpadaanak.Tujuan dari penelitian ini untuk menolong anak korban sexual abuse mendapatkan dukungan psikologis pertama. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan databerupa wawancara dengan pakar dan studi literatur. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalahanak korban sexual abuse usia 10-12 tahundanpenyintas sexual abuse.Disimpulkan video ini efektif menolong anak korban sexual abusedalam memberikan dukungan psikologis pertama.

        Item Type: UNSPECIFIED
        Uncontrolled Keywords: Kekerasan Seksual Anak, Pertolongan Pertama Psikologis, Pemulihan Trauma, PFA
        Subjects: L Education
        Divisions: UNSPECIFIED
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 11 May 2021 08:13
        Last Modified: 17 Nov 2022 10:43
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19072

        Actions (login required)

        View Item