Logo

Strategi Kurikulum Pendidikan Kristen: Perspektif Biblikal yang Berpusat kepada Kristus

Santoso, Magdalena Pranata and Susanto, Agus and Moulds, Judith Grace (2021) Strategi Kurikulum Pendidikan Kristen: Perspektif Biblikal yang Berpusat kepada Kristus. 1 . Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PETRA PRESS Universitas Kristen Petra. ISBN 978-602-5446-48-1

[img] PDF
Download (7Mb)
    [img] PDF
    Download (3374Kb)

      Abstract

      Terpujilah Tuhan Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita yang penuh kasih. Tuhan yang memanggil kita untuk melayani Dia melalui pendidikan Kristen bagi anak-anak di seluruh Indonesia melalui sekolah-sekolah Kristen. Dalam era Revolusi Industri 4.0 di tengah pergerakan dan perubahan zaman yang semakin cepat dan tidak menentu, peran dan panggilan sekolah-sekolah Kristen di Indonesia menjadi semakin krusial dan harus dilaksanakan dengan benar dan penuh tanggung jawab. Menyadari bahwa setiap sekolah Kristen di Indonesia dipanggil untuk melayani anak-anak bangsa melalui pendidikan Kristen yang sesuai dengan prinsip dan ajaran Alkitab, maka penyusunan sebuah pedoman kurikulum pendidikan Kristen yang sepenuhnya menerapkan prinsip kebenaran Alkitab dan menjalankan kehendak Tuhan sesuai firman-Nya adalah hal yang penting. Demikianlah pedoman kurikulum pendidikan Kristen yang berlandaskan Alkitab ini disusun dengan komitmen mengintegrasikan kebenaran Tuhan yang bersifat pewahyuan umum dalam bidang ilmu, dengan kebenaran Tuhan yang bersifat pewahyuan khusus yang berpusat kepada Kristus. Pedoman ini disusun untuk memperlengkapi dan menjawab kebutuhan sekolah-sekolah Kristen di Indonesia demi melaksanakan mandat budaya dan mandat Injil sebagaimana dinyatakan Alkitab. Tujuan penyusunan pedoman Kurikulum Biblikal yang berpusat kepada Kristus (Christ- Centered Biblical Curriculum) ini, bukan saja untuk memperlengkapi pimpinan sekolah Kristen yang berkomitmen menerapkan pendidikan Kristen di sekolah Kristen, tetapi juga untuk mewujudkan visi menghadirkan pemimpin muda Kristen yang mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa, akal budi, dan kekuatan, serta diperlengkapi dengan kemampuan; yang siap mendedikasikan hidup bagi kemuliaan Tuhan, untuk menjawab kebutuhan gereja, bangsa dan negara Indonesia. Kiranya pedoman kurikulum Christ-Centered Biblical Curriculum (CCBC) ini menjadi berkat dan Tuhan Yesus dipermuliakan. Penerapan kurikulum CCBC ini diharapkan dapat menolong murid-murid di sekolah Kristen belajar kebenaran yang bersumber kepada Tuhan. Sebagai pembelajar yang merdeka, murid akan mengalami enam proses belajar: belajar mandiri yang mengakomodasi keunikan murid, belajar bersama dalam kelompok, belajar melalui praktik, belajar melalui melayani, belajar melalui pengembangan talenta, dan belajar melalui relasi dan komunikasi. Kiranya kehadiran pedoman kurikulum ini menjadi berkat bagi anak-anak di Indonesia, menjadi generasi murid Kristus yang siap mendedikasikan hidup bagi kemuliaan Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

      Item Type: Book
      Subjects: L Education
      Divisions: UNSPECIFIED
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 06 Jun 2021 11:30
      Last Modified: 23 Aug 2021 20:47
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19425

      Actions (login required)

      View Item