Yong, Sherly De and Mulyono, Hendy (2021) KAJIAN WELL-DESIGNED SPACE PADA STUDIO HYBRID LEARNING. [UNSPECIFIED]
PDF Download (436Kb) | |
PDF Download (2438Kb) |
Abstract
Fasilitas belajar merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra adalah ruang studio. Adanya pandemi COVID-19 sangat berdampak pada beberapa sektor, seperti pendidikan. Beberapa universitas sedang mempersiapkan pembelajaran hybrid learning untuk memaksimalkan pembelajaran saat pandemi. Hal ini mempengaruhi desain ruang studio yang harus menyesuaikan dengan kondisi tersebut, sehingga diperlukan desain ruang yang baik agar proses pembelajaran dalam studio dapat berjalan dengan lancar. Permasalahan yang diambil adalah penerapan well-designed space seperti apa yang terdapat pada studio desain interior Universitas Kristen Petra sebelum pandemi dan aspek well-designed spce apa yang tepat untuk studio desain interior pada pembelajaran hybrid learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif denga pendekatan evidence-based design. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian dapat diketahui aspek well-designed space yang telah diterapkan dalam studio desain interior Universitas Kristen Petra sebelum pandemi. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan rekomendasi aplikasi well-designed space untuk studio desain interior dalam pembelajaran hybrid learning pada masa pandemi dalam batasan communicating, complying, dan comforting.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interior, Studio, well-designed space, hybrid learning |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Faculty of Art and Design > Interior Design Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 15:31 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 04:06 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19449 |
Actions (login required)
View Item |