Logo

PELATIHAN KREATIVITAS, MOTORIK DAN SENSORIK ANAK PAUD MELALUI KETERAMPILAN BAGI GURU PAUD DI KELURAHAN SIWALANKERTO, KECAMATAN WONOCOLO, SURABAYA

Wibowo, Mariana and GUNAWAN, ASTRI INDRAWATI and PRIADI, YIAWLA ISMARCH (2018) PELATIHAN KREATIVITAS, MOTORIK DAN SENSORIK ANAK PAUD MELALUI KETERAMPILAN BAGI GURU PAUD DI KELURAHAN SIWALANKERTO, KECAMATAN WONOCOLO, SURABAYA. In: Seminar dan Lokakarya Abdimas Universitas Airlangga 2018, 19-10-2018 - 19-10-2018, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (499Kb)
    [img] PDF
    Download (109Kb)
      Official URL: http:lpm.unair.ac.id

      Abstract

      Para guru (bunda) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diharapkan memiliki kemampuan untuk membuat seorang anak nyaman di PAUD, mampu memberikan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan kecerdasan si anak serta dapat mengembangkan metode dan media belajar untuk anak usia dini secara tepat dan efisien. Stimulus yang diberikan bunda PAUD melalui kegiatan bermain sambil belajar, membuat anak dapat menyerap ilmu dan mengembangkan potensinya, sehingga memiliki kualitas yang bagus, cerdas berkarakter, berani, kreatif berkepribadian dan berakhlak mulia, untuk akhirnya siap menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Disinilah letak penting peran bunda PAUD dalam membimbing anak didiknya guna mengembangkan potensi yang dimiliki si anak dengan memanfaatkan momentum masa keemasan perkembangan otaknya dengan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki para bunda PAUD serta melatih motoric dan sensorik anak usia dini. Untuk menjawab kebutuhan inilah, Program studi Desain Interior Universitas Kristen Petra mengadakan kegiatan pelatihan keterampilan membuat art & craft tangan dan elemen desain interior melalui kegiatan abdimas (Pengabdian Masyarakat) dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya bagi bunda-bunda PAUD di Kelurahan Siwalankerto, Surabaya. Pada pelaksanaan kegiatan Abdimas ini, subyek pelatihan dilatih untuk mampu mengembangkan ketrampilan dan kreatifitas bunda PAUD dalam membuat beberapa produk dengan memanfaatkan material yang mudah ditemukan dan ekonomis di lingkungan sekitar. Hasil produk ketrampilan bunda PAUD ini dapat digunakan untuk pengembangan desain interior ruang PAUD di Siwalankerto, Surabaya.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: Elemen interior, abdimas, PAUD, Siwalankerto
      Subjects: L Education
      Divisions: Faculty of Art and Design > Interior Design Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 22 Oct 2018 20:43
      Last Modified: 27 Jul 2020 18:01
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19500

      Actions (login required)

      View Item