Logo

PENGARUH SELF-CONTROL, FINANCIAL LITERACY, DAN ATTITUDE TOWARDS MONEY TERHADAP FINANCIAL WELL-BEING GURU

DEVINA, JESSLYN and Evelyn, (2021) PENGARUH SELF-CONTROL, FINANCIAL LITERACY, DAN ATTITUDE TOWARDS MONEY TERHADAP FINANCIAL WELL-BEING GURU. In: Seminar Nasional Call For Paper Outlook 2022 : Transformasi UMKM di era pasar digital, 20-12-2021 - 20-12-2021, Sukoharjo - Indonesia.

[img] PDF
Download (3272Kb)
    [img] PDF
    Download (2736Kb)

      Abstract

      Dunia pendidikan tidak lepas dari peran seorang guru. Guru adalah sosok yang berjasa dalam dunia pendidikan karena jerih payahnya dalam mendidik siswa sebagai generasi penerus bangsa. Jasa guru sangat besar sehingga sudah selayaknya guru mendapatkan apresiasi atas kerja kerasnya seperti gaji dan tunjangan yang memadai. Hal itu dilakukan agar guru dapat merasakan kesejahteraan. Namun, kesejahteraan guru masih menjadi masalah yang harus diperhatikan. Masalah kesejahteraan guru juga terjadi kepada guru swasta di Surabaya. Surabaya merupakan kota terbesar di Jawa Timur dimana masih ditemukan masalah terkait kesejahteraan guru swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-control, financial literacy, dan attitude towards money terhadap financial well-being guru swasta di Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke 100 responden yang merupakan guru swasta di Surabaya. Hasil kuesioner yang didapat kemudian dianalisa dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan bantuan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan pengendalian diri, literasi keuangan, dan sikap terhadap uang berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan keuangan guru swasta di Surabaya.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: attitude towards money, financial literacy, financial well-being, self-control
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance
      Divisions: Faculty of Economic > Finance Management Program
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 26 Apr 2022 06:09
      Last Modified: 01 May 2022 04:12
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19544

      Actions (login required)

      View Item