Logo

MOTIVASI DAN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI KE DESTINASI DARK TOURISM: STUDI KASUS LAWANG SEWU, SEMARANG

LAWBY, CRISTINA and FEDORA, PRISCILIA and Thio, Sienny (2022) MOTIVASI DAN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI KE DESTINASI DARK TOURISM: STUDI KASUS LAWANG SEWU, SEMARANG. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (306Kb)
    [img] PDF
    Download (4Mb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memotivasi wisatawan dalam mengunjungi destinasi dark tourism serta kontribusi untuk masing-masing faktor dalam membentuk motivasi tersebut. Minat wisatawan untuk berkunjung kembali ke destinasi dark tourism di Lawang Sewu juga dianalisa. Metode pengumpulan data dilakukan secara daring dengan menyebarkan kuesioner menggunakan googleform. Dari 155 data yang terkumpul, hanya 112 kuesioner yang digunakan untuk pengolahan lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksploratori. Hasil penelitian ini mengidentifikasi tujuh faktor baru yang dinamakan (1) dark experience; (2) historical dan curiosity, (3) ambience dan nostalgia; (4) a must-see attraction; (5) thrilling experience dan affordable ticket; (6) referral; dan (7) interest in railway. Motivasi yang berkontribusi terbesar dalam mendorong kunjungan wisatawan ke Lawang Sewu adalah dark experience. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa wisatawan masih memiliki minat yang tinggi untuk berkunjung kembali ke destinasi Lawang Sewu.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Uncontrolled Keywords: dark tourism, motivasi, minat berkunjung kembali, Lawang Sewu.
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      Divisions: Faculty of Economic > Hotel Management Program
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 16 Sep 2022 23:34
      Last Modified: 20 Oct 2022 16:52
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19745

      Actions (login required)

      View Item