Logo

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Financial Help Seeking Behavior Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa

BOEDHY, TANIA PRISCILIA SETYA and REISSA, IVANA and Evelyn, (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Financial Help Seeking Behavior Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa. In: WEBINAR NASIONAL UNIMUS 2021, 25-11-2021 - 25-11-2021, SEMARANG - Indonesia.

[img] PDF
Download (5Mb)
    [img] PDF
    Download (3701Kb)

      Abstract

      Pendidikan merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas bagi seorang mahasiswa. Dalam menempuh pendidikan tersebut salah satu faktor yang menunjang lancarnya kegiatan pendidikan adalah faktor ekonomi. Mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi akan berusaha mencari bantuan keuangan (financial help seeking behavior) baik dari pihak profesional maupun non profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi financial help seeking behavior pada mahasiswa penerima beasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 70 responden. Penelitian ini akan menggunakan kuesioner yang akan disebarkan melalui google form. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan software SPSS. Penelitian ini menghasilkan variabel financial stress, financial education, financial knowledge, dan financial self efficacy tidak berpengaruh signifikan terhadap financial help seeking behavior. Penelitian ini juga membuktikan bahwa peran variabel financial self efficacy sebagai variabel moderator tidak dapat memoderatori hubungan antara financial stress terhadap financial help seeking behavior.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Additional Information: saya tidak ikut presentasi sehingga tidak dapat sertifikat. terima kasih
      Uncontrolled Keywords: Financial Help Seeking Behavior, Financial Stress, Financial Education, Financial Knowledge, Financial Self Efficacy
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance
      Divisions: Faculty of Economic > Finance Management Program
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 26 Apr 2022 06:21
      Last Modified: 08 Oct 2022 00:13
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19940

      Actions (login required)

      View Item