Logo

From Daring to Caring: Pandemic Best Practices in Higher Education

Tjiek, Liauw Toong and Maer, Maria Natalia Damayanti (2021) From Daring to Caring: Pandemic Best Practices in Higher Education. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS KRISTEN PETRA. ISBN 978-602-5446-43-6 (PDF)

[img] PDF
Download (478Kb)
    [img] PDF
    Download (1727Kb)

      Abstract

      Buku ini memuat 32 tulisan dari keluarga besar Universitas Kristen Petra yang berisi tentang catatan pengalaman, kisah pembelajaran maupun berbagai inovasi dalam upaya memaknai kegiatan belajar mengajar (KBM) dan work from home (WFH) yang harus menjadi new normal sebagai imbas dari pandemi COVID-19. Banyak kesulitan maupun tantangan yang dihadapi ketika situasi new normal secara total mengubah kebiasaan, pola pikir, dan sistem kerja yang lama. Semua lapisan warga kampus UK Petra, mulai dari mahasiswa, tenaga kependidikan, hingga dosen, bersama berjuang untuk terus bergerak maju dan menjadi lebih baik meskipun situasi sedang serba daring. Tidak seperti buku pendahulunya, Mendadak Daring: Refleksi Pembelajaran Jarak Jauh di UK Petra, yang hanya berisi kisah pengalaman mengajar para dosen, buku ini juga mengetengahkan suara mahasiswa dalam menjalani pembelajaran secara daring, serta pengalaman para tenaga kependidikan dalam berusaha memberikan layanan pendukung kegiatan belajar mengajar secara maksimal. Selain itu, ketika pembelajaran benarbenar berubah menjadi daring, para dosen juga mengalami berbagai tantangan baru yang menuntut kreativitas dalam berpikir dan fleksibilitas dalam pelaksanaan perkuliahan. Berbagai pengalaman baru, unik, dan menarik dalam pelaksanaan kegiatan kampus daring juga dapat disimak di dalam buku ini, seperti perencanaan dan pelaksanaan wisuda, dan perayaan Natal tahun 2020 yang semuanya dilaksanakan secara daring. Semua tulisan di dalam buku ini menjadi catatan sekaligus pengingat bahwa new normal yang memiliki banyak tantangan, ternyata dapat diatasi ketika semua warga kampus sama-sama memiliki kepedulian bagi satu sama lain dan bahu-membahu untuk maju bersama.

      Item Type: Book
      Additional Information: Full text ukurannya lebih dari 40 MB. Jadi untuk Full Text dan cek plagiat hanya contoh saja. Ini diajukan untuk melengkapi data audit Prodi.
      Subjects: L Education
      Divisions: UNSPECIFIED
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 06 Jan 2022 01:09
      Last Modified: 07 Oct 2022 16:00
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20019

      Actions (login required)

      View Item