Logo

Peranan Influencer Dalam Meningkatkan Parasocial Interaction dan Purchase Intention Produk Kostemik Lokal Scarlett

TANDAYONG, FELICYA ANTONIA and Palumian, Yonathan (2022) Peranan Influencer Dalam Meningkatkan Parasocial Interaction dan Purchase Intention Produk Kostemik Lokal Scarlett. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (318Kb)
    [img] PDF
    Download (5Mb)

      Abstract

      Dewasa ini penggunaan kosmetik lokal di Indonesia sedang mengalami peningkatan yang signifikan. Media promosi yang saat ini tengah populer digunakan berbagai merek kosmetik lokal adalah peranan influencer di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung serta tidak langsung trustworthiness, expertise, dan attractiveness yang dimiliki oleh seorang influencer dalam memengaruhi parasocial interaction dan serta dampaknya terhadap purchase intention pada merek kosmetik lokal Scarlett. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 125 responden dalam survei yang dilakukan daring dan menggunakan Partial Least Square, penelitian ini menunjukan bahwa trustworthiness berpengaruh secara signifikan terhadap parasocial interaction sedangkan expertise dan attractiveness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap parasocial interaction. Pada penelitian ini juga didapatkan bahwa parasocial interaction berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention sedangkan trustworthiness, expertise, dan attractiveness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention. Dalam penelitian ini, kepercayaan yang diberikan oleh influencer terhadap konsumen atau yang disebut dengan trustworthiness dapat menjadi faktor penentu terbentuknya purchase intention brand kosmetik Scarlett dengan bantuan parasocial interaction sebagai mediasinya. Adapun expertise dan attractiveness dalam penelitian ini dianggap kurang dapat memengaruhi purchase intention.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Uncontrolled Keywords: influencer, purchase intention, kosmetik lokal, media sosial
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      Divisions: Faculty of Economic > Business Management Program
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 01 Sep 2022 23:22
      Last Modified: 08 Sep 2022 15:28
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20217

      Actions (login required)

      View Item