Logo

YUL GENDHIS BATIK ONLINE MARKETING STRATEGY DEVELOPMENT IN THE NEW NORMAL ERA

HATI, TALENTA ELOK and Hagijanto, Andrian Dektisa and Malkisedek, Mendy Hosana (2022) YUL GENDHIS BATIK ONLINE MARKETING STRATEGY DEVELOPMENT IN THE NEW NORMAL ERA. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (424Kb)
    [img] PDF
    Download (241Kb)

      Abstract

      Yul Gendhis Batik (YGB) adalah salah satu usaha mikro batik yang bergerak dalam bidang fesyen di kota Surabaya. Sejak tahun 2010 YGB fokus berjualan secara luring karena keuntungan berjualan luring dirasa sudah cukup. Namun pada bulan Maret hingga Mei 2020, YGB mengalami kerugian besar tepatnya saat virus Covid-19 masuk ke Indonesia. Oleh sebab itu, diperlukan terobosan strategi promosi berupa media online yang lebih terstruktur dan terintegrasi dengan baik supaya YGB dapat berjualan dan melakukan promosi. Sebelumnya pernah dilakukan perancangan media online terhadap YGB tetapi alur pembelian konsumen, desain, dan waktu pengunggahan tidak konsisten. Untuk merancang media online, diperlukan data yaitu data visual melalui observasi pada YGB dan pesaingnya, data tentang rencana kedepan, konsep dan pemikiran serta selera konsumen yang didapat melalui wawancara. Analisis menggunakan analisis SWOT. Hasil perancangan berupa unggahan pada Instagram, website, Facebook, dan katalog online di WhatsApp bisnis. Melalui hasil perancangan ini YGB dapat terus berkembang memperluas jangkauan bisnis baik melalui media offline maupun online.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Uncontrolled Keywords: batik, usaha mikro, promosi media online
      Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
      Divisions: Faculty of Art and Design > Visual Communication Design Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 31 Aug 2022 04:42
      Last Modified: 08 Sep 2022 15:31
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20362

      Actions (login required)

      View Item