Logo

EVALUASI MANAJEMEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MENGGUNAKAN FRAMEWORK DRAGONS: STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI PASCASARJANA DI SURABAYA

RUSE, ARIE VIRIAWAN and Jaolis, Ferry and Wijaya, Serli (2023) EVALUASI MANAJEMEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MENGGUNAKAN FRAMEWORK DRAGONS: STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI PASCASARJANA DI SURABAYA. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (191Kb)
    [img] PDF
    Download (2017Kb)

      Abstract

      Dalam lima tahun terakhir, tidak sedikit universitas yang mulai memanfaatkan media sosial untuk membangun engagement dengan pemangku kepentingan utamanya seperti mahasiswa dan calon mahasiswa. Dalam manajemen media sosial sebagai sarana pemasaran, perlu adanya rancangan strategi konten yang efektif untuk mendorong performa pemasaran sebuah universitas lewat engagement. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas manajemen media sosial dari sebuah akun Instagram program pascasarjana di salah satu universitas di Surabaya menggunakan framework DRAGONS. Framework ini terdiri dari tujuh elemen utama yaitu Dialogue, Relatability, Authenticity, Give, Opinion, Niche dan Sales. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa sejauh ini menajemen media sosial dari objek analisis masih menitikberatkan pada elemen Dialogue dan Relatability dari keseluruhan elemen framework. Rekomendasi praktikal terkait perancangan dan penerapan konten Instagram dari objek analisis berdasarkan elemen DRAGONS lainnya yang belum dielaborasi juga diberikan untuk meningkatkan engagement para pengikut akun Instagram dari program studi.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Additional Information: https://doi.org/10.9744/jmp.17.1.17-23
      Uncontrolled Keywords: media sosial, strategi, konten, engagement
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      Divisions: Graduate Program > Economic Management
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 09 Jun 2023 21:39
      Last Modified: 16 Jun 2023 14:46
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20451

      Actions (login required)

      View Item