Logo

Transformasi Digital Pembelajaran Sastra: Studi Kasus di Prodi Inggris Universitas Kristen Petra

Suprajitno, Setefanus (2023) Transformasi Digital Pembelajaran Sastra: Studi Kasus di Prodi Inggris Universitas Kristen Petra. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (323Kb)
    [img] PDF
    Download (1815Kb)
      [img]
      Preview
      PDF (Buku - Setefanus)
      Download (2481Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (cek plagiasi - Setefanus)
        Download (1817Kb) | Preview

          Abstract

          Dewasa ini internet dan digital telah merambah ke semua bidang kehidupan kita, dan mengubah praktik-praktik yang ada. Perubahan ini begitu masif sehingga para pakar menyatakan bahwa kita hidup di era transformasi digital. Awalnya, transformasi digital ini merupakan satu istilah di bidang bisnis dan industri. Namun dalam perkembangannya, istilah ini juga merujuk pada transformasi sebagai dampak dari pemakaian teknologi digital di bidang lain, termasuk bidang pendidikan. Transformasi digital di bidang pendidikan seharusnya bukan hanya meliputi pemakaian teknologi digital di kelas, namun juga meliputi penerapan metode baru dalam proses pembelajaran. Dalam makalah ini, yang berupa action research report, penulis menunjukkan bahwa transformasi digital diterapkan dalam praktik pembelajaran dalam satu proyek atau mata kuliah di Prodi Inggris, Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif, Universitas Kristen Petra. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian studi kasus karena penulis memilih satu kasus untuk menjelaskan permasalahan terkait dengan transformasi digital dalam pembelajaran sastra. Proyek tersebut diobservasi. Berdasarkan observasi yang dilakukan, penulis menjelaskan seperti apa proyek tersebut dan bagaimana implementasinya. Temuan yang diperoleh menunjukkan bahwa mahasiswa memerlukan kreativitas dan keterampilan digital agar mampu menghasilkan luaran seperti yang termaktub dalam proyek tersebut. Untuk membantu mahasiswa menumbuhkembangkan kreativitas dan keterampilan digitalnya, proyek tersebut memerlukan integrasi teknologi informasi dan komunikasi ke dalam proses pembelajarannya, yang dilakukan dengan cara yang inovatif. Dan ini merupakan fitur penting dalam proyek ini, yang merupakan dasar untuk transformasi digital dalam pembelajaran sastra.

          Item Type: UNSPECIFIED
          Subjects: L Education
          Divisions: UNSPECIFIED
          Depositing User: Admin
          Date Deposited: 26 May 2023 02:08
          Last Modified: 03 Oct 2023 12:28
          URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20548

          Actions (login required)

          View Item