Logo

Pelatihan Metode Computational Thinking melalui Pemrograman Menggunakan Scratch untuk Siswa Sekolah Dasar

Noertjahyana, Agustinus and Dewi, Lily Puspa and Rostianingsih, Silvia and Palit, Henry Novianus and Ananda, Stephanus A. (2023) Pelatihan Metode Computational Thinking melalui Pemrograman Menggunakan Scratch untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal pengabdian masyarakat bangsa, 1 (8). pp. 1679-1683. ISSN 2987-0135

[img] PDF
Download (1108Kb)
    [img] PDF
    Download (1793Kb)

      Abstract

      Pelatihan pemrograman dengan menggunakan scratch bertujuan untuk membantu mengajarkan konsep berpikir komputasi secara sederhana kepada siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah dengan memberikan penjelasan tentang konsep pemrograman lalu dilanjutkan dengan memberikan contohcontoh program sederhana. Selanjutnya siswa diajak untuk mencoba secara langsung menggunakan komputer dan diminta untuk menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan. Harapan dari adanya pelatihan ini adalah siswa sekolah dasar mampu berpikir secara komputasi dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah 2 hari pelatihan, siswa sekolah dasar menunjukkan hasil yang baik, dimana mereka mampu membuat program sederhana berdasarkan permasalahan yang ada.

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: algoritma, berpikir komputasi, pemrograman Scratch
      Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
      Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 24 Nov 2023 17:16
      Last Modified: 04 Dec 2023 20:20
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20665

      Actions (login required)

      View Item