Logo

Kontribusi Mahasiswa Teknik Sipil dalam Mengatasi Krisis Air Bersih pada Masa El Nino di Daerah Pesisir Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Hermawan, Surya (2023) Kontribusi Mahasiswa Teknik Sipil dalam Mengatasi Krisis Air Bersih pada Masa El Nino di Daerah Pesisir Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. In: Seminar Nasinal Ma Chung 2023, 21-12-2023 - 21-12-2023, Malang - Indonesia.

[img] PDF
Download (1247Kb)
    [img] PDF
    Download (4Mb)

      Abstract

      Abstrak. Fenomena El Nino merupakan salah satu penyebab terjadinya pemanasan global yang saat ini sedang terjadi di seluruh dunia. Indonesia tidak terkecuali turut merasakan dampak dari fenomena tersebut. Fenomena tersebut mengakibatkan kekeringan dan krisis air bersih, terutama pada dataran rendah seperti daerah pesisir. Untuk itu, pada kegiatan pengabdian masyarakat bermetode Service Learning ini, mahasiswa memberikan kontribusi langsung terhadap krisis air bersih di daerah pesisir terpencil di Dusun Tegalsari, Desa Dukuh Kupang, Kecamatan Jabon, Kota Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Program Pembinaan UMKM Nusantara Pangan Sejati Dalam Rangka Perluasan Pasar Dan Eksplorasi Manfaat Kesehatan Produk Dan Program Pembinaan UMKM Nurul Ismiati. Adapun tujuan kegiatan ini adalah memanfaatkan air payau yang tidak layak pakai menjadi air bersih yang layak konsumsi dengan menggunakan Alat Pemurni Air Payau Berbasis Material Lokal (ALPAMAL) dan membantu proses produksi UMKM. Kegiatan pengabdian masyarakat bermetode Service Learning ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pra pelaksanaan, pelaksanaan, pasca pelaksanaan, yang dilaksanakan selama dua hari dengan waktu persiapan selama tiga minggu. Kegiatan Service Learning diawali dengan survei lokasi dan penjelasan ALPAMAL dalam pra pelaksanaan, dilanjutkan dengan pemasangan ALPAMAL di Dusun Tegalsari dalam tahap pelaksanaan, dan diakhiri dengan survei terhadap masyarakat dan mahasiswa sebagai tahap pasca pelaksanaan. Berdasarkan hasil dari survei kepada masyarakat, diketahui bahwa hampir seluruh (93,33%) responden merasa kegiatan Service Learning ini terbantu oleh kontribusi mahasiswa melalui kegiatan Service Learning, dan diketahui hampir seluruh (89,5%) mahasiswa yang mengikuti Service Learning merasa bahwa kegiatan Service Learning membuat mereka lebih ingin untuk terlibat aktif dalam membantu lingkungan di sekitarnya.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: Kata kunci: El Nino, kontribusi mahasiswa, service learning, ALPAMAL, Sidoarjo
      Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
      Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 27 Mar 2024 17:59
      Last Modified: 27 Mar 2024 19:45
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20876

      Actions (login required)

      View Item