Logo

Eksplorasi Konsep Perumahan Bertingkat Tinggi Berbasis Sains Arsitektur: Skyville at Dawson, Singapura

Tanuwidjaja, Gunawan and DEVIN, MICHAEL and VALERIAN, MAYCLEIN and NYOTO, NATHANAEL and ANGGA, ANDI YESHUA (2024) Eksplorasi Konsep Perumahan Bertingkat Tinggi Berbasis Sains Arsitektur: Skyville at Dawson, Singapura. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (5Mb)
    [img] PDF
    Download (3750Kb)

      Abstract

      Pendekatan desain hunian bertingkat yang ramah lingkungan telah diungkapkan oleh berbagai penelitian sejak tahun 2009. Namun, banyak desain hunian bertingkat yang perlu menyeimbangkan antara kebutuhan ekonomi dan keberlangsungan bangunan. Skyville @ Dawson dirancang oleh konsultan WOHA dengan prinsip keberlanjutan (keberlanjutan dengan ilmu arsitektur), komunitas dan keberagaman. Oleh karena itu, Skyville @ Dawson memiliki desain apartemen yang fleksibel dengan kolom-kolom yang ditempatkan di sekeliling bangunan, dilengkapi dengan tiga sky garden horizontal yang memfasilitasi ventilasi silang. Fasad Skyville di Dawson dirancang dengan jendela unik (jendela monsun), yang memfasilitasi ventilasi silang tetapi mengurangi dampak angin pada meja kerja. Dapat disimpulkan bahwa ventilasi dapat mengurangi ketergantungan penghuni terhadap AC dan pada akhirnya menjadi hemat energi. WOHA menawarkan pendekatan ilmu arsitektur di Skyville @ Dawson untuk konsep desain yang berkelanjutan dengan pertimbangan aspek sosial yang berimbang.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Uncontrolled Keywords: desain ramah lingkungan, desain fleksibel, horizontal sky gardens, jendela monsun, hunian bertingkat, desain berkelanjutan.
      Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
      Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 26 Mar 2024 04:49
      Last Modified: 23 Jul 2024 08:52
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20878

      Actions (login required)

      View Item