Logo

Perancangan Busy BookSebagai Media Pembelajaran Pendidikan Seksual untuk Anak Usia Dini

Putrihadi, Mega Ekklesia and Waluyanto, Heru Dwi and STEFANI, (2024) Perancangan Busy BookSebagai Media Pembelajaran Pendidikan Seksual untuk Anak Usia Dini. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (280Kb)
    [img] PDF
    Download (1497Kb)

      Abstract

      Pada tahun 2022tercatat di Indonesia telah menjadi negara dengan darurat kejahatan seksual pada anak di bawah umur.Total ada9.588 kasusyang terjadi tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, tetapi beberapa juga dilakukan oleh anak di bawah umur. Tingginya kasus pelecehan seksual iniberbanding lurus dengan minimnya pendidikan seksual yang diberikan pada anak sedari dini. Orang tua pada umumnya akan merasa bingung dan canggung untuk membahas tentang seksualitas dengananaknya sedari dini. Perancangan ini bertujuan untuk meningkatkankesadaran masyarakat terutama orang tua akanpentingnya pendidikan seksual untuk anak sedari dini sekaligus memberikan solusi dengan sebuah buku yang dapat menjadi media pendukung dalam proses pembelajaran. Target audiens dari perancangan ini adalah anak usia pra sekolah, yaitu usia 3-6 tahun. Buku ini berisi narasi, instruksidankonten sederhana yang telahdisesuaikan dengan tingkat pemahaman target audiens. Busy Bookini juga berisi kegiatan interaktif di dalamnya, seperti games, lift a flap, rotary,dan juga pull tabyang dapat menambah daya tarik dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.Dengan adanya buku ini, harapannya orang tua dapat memberikan pendidikan seksual pada anak dengan lebih terarah dan menyenangkan.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Uncontrolled Keywords: Pendidikan Seksual;Busy Book;Interaktif;Anak Usia Dini;Games;Lift A Flap;Rotary;Pull Tab.
      Subjects: L Education
      Divisions: Faculty of Art and Design > Visual Communication Design Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 18 May 2024 18:58
      Last Modified: 27 May 2024 21:21
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20980

      Actions (login required)

      View Item