Logo

PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN SEKOLAH SUNGAI MANGROVE GUNUNG ANYAR SURABAYA MELALUI PENGABDIAN MASYARAKAT

Puspitasari, Dani and Pertiwi, Dewi and Putrihadi, Mega Ekklesia (2023) PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN SEKOLAH SUNGAI MANGROVE GUNUNG ANYAR SURABAYA MELALUI PENGABDIAN MASYARAKAT. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (6Mb)
    [img] PDF
    Download (2429Kb)
      [img]
      Preview
      PDF (paper - dewi p)
      Download (12Mb) | Preview

        Abstract

        Sekolah sungai didirikan dengan tujuan memberikan pendidikan tentang kepedulian lingkungan kepada anak-anak. Para tenaga pengajar tidak memiliki latar belakang pendidikan mengajar. Kondisi lain yang dialami adalah tidak tersedianya bahan ajar. Hal ini menyebabkan aktivitas yang dilakukan pada saat sekolah berlangsung, menjadi tidak terarah. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah informal yang terletak di daerah mangrove Gunung Anyar Surabaya. Kegiatan yang sudah dilaksanakan terdiri menjadi empat tahap yaitu pemberian bahan sarana penunjang kegiatan belajar mengajar, pelatihan bagi tenaga pengajar, pelatihan kesehatan gigi untuk anak, dan pelatihan administrasi sukarelawan sekolah sungai. Rangkaian acara telah dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2023. Pengabdian masyarakat ini memberikan perlengkapan bagi para relawan. Hasil dari pelatihan menunjukkan adanya peningkatan secara pengetahuan dari aspek pengenalan psikologi anak dan mengajar kreatif untuk sekolah informal. Pengabdian ini berdampak pada peningkatan layanan sekolah Sungai dari sisi pengajar dan sarana prasarana

        Item Type: UNSPECIFIED
        Uncontrolled Keywords: Peningkatan kualitas pengajar, sukarelawan, sekolah informal
        Subjects: L Education
        Divisions: Faculty of Art and Design > Visual Communication Design Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 03 Jan 2024 16:23
        Last Modified: 03 Nov 2025 16:29
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20981

        Actions (login required)

        View Item