Logo

Pendampingan pembuatan rencana pemasaran untuk meningkatkan daya saing produk olahan usaha mikro di Guyub Rukun PPA Shikar Malang

Kempa, Sesilya and Marchyta, Nony Kezia and Suprapto, Widjojo and TAN, KATHERINA MEVILIA (2023) Pendampingan pembuatan rencana pemasaran untuk meningkatkan daya saing produk olahan usaha mikro di Guyub Rukun PPA Shikar Malang. In: Seminar Nasional Universitas Ma Chung 2023, 21-12-2023 - 21-12-2023, Malang - Indonesia.

[img] PDF
Download (1129Kb)
    [img] PDF
    Download (5Mb)

      Abstract

      Pusat Pengembangan Anak (PPA) merupakan sebuah organisasi yang bertujuan untuk melepaskan anak dari kemiskinan melalui berbagai program tumbuh kembang anak. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, PPA Shikar Malang merangkul keluarga dan orang tua untuk mengentaskan sumber kemiskinan secara holistik dengan membantu pengembangan keterampilan kewirausahaan, yang berperan sebagai mobilisasi sumber daya lokal, dan menciptakan komunitas usaha mikro sebagai sarana memperkuat pola pikir bisnis dan memperluas wawasan. pengetahuan dan pengalaman bisnis. Bersama Universitas Kristen Petra, PPA Shikar Malang menginisiasi sistem pendukung bagi orang tua untuk mengembangkan usaha kecilnya melalui Kelompok Swadaya Masyarakat Guyub Rukun. Berdasarkan kunjungan dan observasi lapangan, diketahui bahwa usaha mikro di Guyub Rukun kurang memiliki daya tarik produk dan kemasan untuk ekspansi ke segmen pasar yang lebih luas. Selain itu, banyak pemilik usaha yang masih memanfaatkan jaringan tradisional untuk mempromosikan produknya, sehingga menyebabkan segmen pasar tersebut menjadi sangat terbatas. Oleh karena itu, kegiatan pendampingan usaha mikro ini dirancang dengan tujuan untuk membuat rencana pemasaran yang tepat, sehingga setiap usaha mikro dapat melakukan terobosan untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan dengan menjangkau segmen pasar yang lebih luas di luar lingkungannya. Kerja sama pengabdian masyarakat antara UKP dan PPA Shikar ini fokus pada pembenahan aspek manajemen pemasaran dan melakukan pendampingan pembuatan rencana pemasaran mereka yang meliputi kualitas produk, desain pengemasan, penetapan harga, promosi, dan proses produksi.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran, kemasan, kualitas produk, harga, pameran
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      Divisions: Faculty of Economic > Business Management Program
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 24 Mar 2024 14:37
      Last Modified: 30 May 2024 17:34
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20984

      Actions (login required)

      View Item