Logo

Pemberdayaan Anak Usia Dini dalam Pengembangan Karir dan Mimpi: Pendekatan Edukasi Profesi di Tingkat Taman Kanak-Kanak

AIRELL, VERNANDO and NISSAN, ALEXANDER and LAUWONO, LAZARO BATIGOL and Linawati, Nanik (2024) Pemberdayaan Anak Usia Dini dalam Pengembangan Karir dan Mimpi: Pendekatan Edukasi Profesi di Tingkat Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2 (1). pp. 184-191. ISSN 2987- 0135

[img] PDF
Download (1265Kb)
    [img] PDF
    Download (2967Kb)

      Abstract

      Kegiatan pengabdian masyarakat di Taman Kanak-Kanak (TK) Kristen Eleos Surabaya bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang profesi dan cita-cita sejak dini kepada para siswa. Melalui pendekatan interaktif dan kreatif, termasuk penggunaan media seperti video lagu, panggung boneka, permainan kartu, dan aktivitas mewarnai gambar, siswa diajak untuk memahami konsep cita-cita dan berbagai macam pekerjaan. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan ini tidak hanya membangkitkan semangat dan antusiasme siswa, tetapi juga mempererat hubungan antara siswa dan pengajar. Para siswa tidak hanya mengenal konsep cita-cita, tetapi juga merasa didukung dan termotivasi untuk mengejar impian mereka. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya tentang menyampaikan informasi, tetapi juga membentuk sikap, nilai, dan motivasi yang positif dalam diri siswa. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dapat menjadi momen penting bagi para siswa untuk mengidentifikasi minatnya. Dengan eksplorasi yang dilakukan melalui berbagai kegiatan, anak-anak dapat menemukan apa yang mereka sukai dan apa yang mereka kuasai dengan baik. Hal ini dapat menjadi landasan yang kuat untuk pengembangan karir dan pencapaian cita-cita di masa depan

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: profesi, cita-cita, pengabdian masyarakat, siswa TK, pembelajaran edukatif
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance
      Divisions: Faculty of Economic > Finance Management Program
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 28 Mar 2024 01:27
      Last Modified: 02 Aug 2024 17:01
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21118

      Actions (login required)

      View Item