AIRELL, VERNANDO and NISSAN, ALEXANDER and LAUWONO, LAZARO BATIGOL and Linawati, Nanik (2024) Pemberdayaan Anak Usia Dini dalam Pengembangan Karir dan Mimpi: Pendekatan Edukasi Profesi di Tingkat Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2 (1). pp. 184-191. ISSN 2987- 0135
PDF Download (1265Kb) | |
PDF Download (2967Kb) |
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat di Taman Kanak-Kanak (TK) Kristen Eleos Surabaya bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang profesi dan cita-cita sejak dini kepada para siswa. Melalui pendekatan interaktif dan kreatif, termasuk penggunaan media seperti video lagu, panggung boneka, permainan kartu, dan aktivitas mewarnai gambar, siswa diajak untuk memahami konsep cita-cita dan berbagai macam pekerjaan. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan ini tidak hanya membangkitkan semangat dan antusiasme siswa, tetapi juga mempererat hubungan antara siswa dan pengajar. Para siswa tidak hanya mengenal konsep cita-cita, tetapi juga merasa didukung dan termotivasi untuk mengejar impian mereka. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya tentang menyampaikan informasi, tetapi juga membentuk sikap, nilai, dan motivasi yang positif dalam diri siswa. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dapat menjadi momen penting bagi para siswa untuk mengidentifikasi minatnya. Dengan eksplorasi yang dilakukan melalui berbagai kegiatan, anak-anak dapat menemukan apa yang mereka sukai dan apa yang mereka kuasai dengan baik. Hal ini dapat menjadi landasan yang kuat untuk pengembangan karir dan pencapaian cita-cita di masa depan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | profesi, cita-cita, pengabdian masyarakat, siswa TK, pembelajaran edukatif |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Faculty of Economic > Finance Management Program |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 01:27 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 17:01 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21118 |
Actions (login required)
View Item |