BANI, TESALONIKA GABRIELA and Santoso, Thomas (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA PT. BERKAT LOGISTIC PAPUA DENGAN MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC). Jurnal SAGA, 2 (1). pp. 22-33. ISSN 3025-4752
PDF Download (298Kb) | |
PDF Download (90Kb) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan bisnis yang dilakukan PT. Berkat Logistic Papua saat ini dan mengetahui strategi pengembangan bisnis yang tepat dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam bentuk studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur, menggunakan Business Model Canvas serta analisis SWOT. Dari matriks SWOT dirumuskan strategi pengembangan bisnis pada PT. Berkat Logistic Papua. Business Model Canvas (BMC) meliputi customer segment, value proposition, channels, customer relationship, revenue streams, key resources, key activities, key partnership, cost structure. Berdasarkan hasil penelitian strategi Business Model Canvas yang dapat digunakan oleh PT. Berkat Logistic Papua adalah memberikan jaminan bahwa barang akan sampai dengan aman karena memiliki personal assistance yang mengawasi selama proses pengiriman barang ke pelanggan, berkolaborasi dengan jasa ekspedisi lain, memperluas wilayah jangkauan ke seluruh Indonesia, menjalin kerja sama dengan platform e-commerce yang sudah besar, dan memanfaatkan teknologi dengan menghadirkan fitur quick replies 24 jam dan website yang akan memudahkan admin dan pelanggan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | business model canvas (BMC), analisis SWOT, manajemen strategi |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Economic > Business Management Program |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 01:44 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 04:31 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21144 |
Actions (login required)
View Item |