ISKANDAR, IVAN JOVIAN and Evelyn, (2024) SPENDING HABITS GENERASI X DALAM BERBELANJA DI E-COMMERCE. [UNSPECIFIED]
![]() | PDF Download (1049Kb) |
![]() | PDF Download (2569Kb) |
Abstract
Generasi i X merupakan salah satu kelompok masyarakat yang aktif berbelanja di e-commerce, baik untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan. Beberapa hasil survey menyatakan bahwa cukup banyak generasi X yang mengalami kesulitan keuangan, akibat kurang tepat dalam mengalokasikan dana yang dimiliki untuk berbelanja dan menabung. Fenomena ini perlu menjadi perhatian, karena generasi X, yang saat ini berada di usia paruh baya dan sudah mendekati masa pensiun, idelanya dituntut untuk mampu melakukan pengelolaan keuangan dengan lebih bijaksana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial attitude, financial knowledge, dan social media terhadap spending habits generasi X dalam berbelanja di e-commerce. Responden dalam penelitian ini adalah 100 orang generasi X di Surabaya, yang melakukan pengisian kuesioner secara online. Data dianalisa dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial attitude dan financial knowledge berpengaruh signifikan terhadap spending habits. Social media juga diketahui mendorong keinginan dan keputusan generasi X untuk berbelanja di e-commerce. Dari hasil penelitian ini, generasi X diharapkan mendapatkan wawasan untuk dapat mengatur keuangannya dengan lebih baik sehingga dapat terhindarkan dari kesulitan keuangan di masa yang akan datang.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Financial Attitude, Financial Knowledge, Social Media, Spending Habits |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Faculty of Economic > Finance Management Program |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 16:27 |
Last Modified: | 30 Nov 2024 20:07 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21315 |
Actions (login required)
View Item |